cover
Contact Name
Ike Sylvia, S.IP., M.Si.
Contact Email
-
Phone
+6281363630789
Journal Mail Official
sikola@ppj.unp.ac.id
Editorial Address
Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang (Integrated Classroom B UNP Air Tawar Padang) Jl. Prof. Dr. Hamka, Air Tawar, Padang
Location
Kota padang,
Sumatera barat
INDONESIA
Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran
ISSN : 26863413     EISSN : 27151735     DOI : https://doi.org/10.24036/sikola
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan pengajaran adalah Jurnal Ilmiah yang diterbitkan oleh Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang. Jurnal ini memfasilitasi diskusi berkaitan dengan Dinamika Institusi pendidikan, Kebijakan Pendidikan, Kurikulum, Model-model Pembelajaran, Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Dengan kajian yang mendalam diharapkan artikel dalam jurnal ini memberikan pemikiran baru berkaitan dengan pengembangan konsep dan teori yang ada dalam ilmu pendidikan.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 4 (2022): Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembalajaran (June 2022)" : 5 Documents clear
Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi SMA Wanda Fitri
Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Vol 3 No 4 (2022): Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembalajaran (June 2022)
Publisher : Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/sikola.v3i4.181

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sedikitnya siswa yang aktif pada mata pelajaran Sosiologi kelas XI IS 3 SMA N 1 Pariaman, dibuktikan dengan rendahnya aktifitas siswa dalam bertanya, mengeluarkan pendapat, menjawab, berdiskusi, dan menyimpulkan. Guna mengatasi masalah tersebut diperlukan solusi untuk meningkatkan keaktifan siswa melalui penggunaan model pembelajaran group investigation. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari 3 kali pertemuan. Setiap pertemuan terdiri dari 4 kegiatan yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data yang dikumpulkan berupa aktifitas siswa selama proses pembelajaran, yaitu aktifitas memperhatikan, mendengarkan, bertanya, memecahkan masalah, membaca, diskusi, menganalisis, mengeluarkan pendapat, menyimpulkan, dan membuat laporan, sedangkan alat pengumpul data berupa lembar observasi aktifitas siswa. Teknis analisa data menggunakan teknik statistik deskriptif persentase. Subjek penelitian adalah kelas XI IIS 3 SMA N I Pariaman yang terdiri dari 30 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keaktifan siswa, yaitu aktifitas siswa memperhatikan sebesar 76.67%, mendengarkan 76.67%, bertanya 60%, memecahkan masalah 100%, membaca 86.67%, diskusi 86.67%, analisis 86.67%, mengeluarkan pendapat 60%, menyimpulkan 53.33%, dan membuat laporan 100%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran group investigation dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pembelajaran Sosiologi khususnya dalam memperhatikan, mendengar, bertanya, memecahkan masalah, membaca, diskusi, analisis, mengeluarkan pendapat, menyimpulkan, dan membuat laporan diskusi.
Penerapan Model Pembelajaran P4 (Preparation, Presentation, Practice, Performance) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi SMA Roza Nurlia
Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Vol 3 No 4 (2022): Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembalajaran (June 2022)
Publisher : Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/sikola.v3i4.185

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktifitas belajar siswa pada mata pelajaran Sosiologi kelas XI IS 2 SMA N Pariaman. Hal ini dapat dilihat dari rendahnya aktifitas siswa mencatat materi pelajaran 32,35%, bertanya selama proses pembelajaran berlangsung 8,82%, mengeluarkan pendapat 11,76% berdiskusi 11,76% dan menyimpulkan materi pelajaran 5,89%. Guna mengatasi masalah di atas, perlu usaha untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa antara lain dengan menggunakan model pembelajaran yang memiliki sintak untuk mendorong siswa aktif dalam proses pembelajaran. Adapun salah satu solusi yang tepat adalah dengan menggunakan model pembelajaran P4 (Preparation, Presentation, Practice, Performance). Oleh karena itu penelitian ini berjenis penelitian yang dipakai adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari empat kegiatan yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi agar dapat meningkatkan mutu proses pembelajaran. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI.IS.2 SMA N 1 yang berjumlah 34 orang. Hasil yang didapat dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan aktifitas belajar siswa. Data yang dikumpulkan berupa aktifitas belajar siswa, sedangkan instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi aktifitas siswa. Teknik analisis data menggunakan teknik statistik deskriptif persentase dengan rumus P= (F/N) x 100%. Aktifitas siswa mencatat materi pelajaran 97,05%, bertanya selama proses pembelajaran berlangsung 52,94%, mengeluarkan pendapat 58,82%, berdiskusi 73,52% dan menyimpulkan materi pelajaran 44,11%. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran P4 (Preparation, Presentation, Practice, Performance) dapat meningkatkan aktifitas belajar siswa dalam hal mencatat materi pelajaran, bertanya selama proses pembelajaran berlangsung, mengeluarkan pendapat, berdiskusi dan menyimpulkan materi pelajaran.
Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Materi Non Individual Service dalam Mata Kuliah Penataan dan Pelayanan Restoran Siti Homsinah
Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Vol 3 No 4 (2022): Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembalajaran (June 2022)
Publisher : Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/sikola.v3i4.191

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran komik digital materi non individual service yang digunakan dalam pembelajaran mata kuliah penataan dan pelayanan restoran untuk mahasiswa Program Studi Pendidikan Tata Boga. Uji coba berupa evaluasi dari one to one expert ahli materi, ahli media, ahli bahasa, dan implementasi produk pada mahasiswa yaitu uji coba one to one, small group dan field trial . Penelitian merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Uji coba dilaksanakan di Program Studi Pendidikan Tata Boga, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta. Analisis data menggunakan statistik deskriptif kualitatif. Berdasarkan perhitungan, didapatkan rata-rata presentase 82% pada uji one to one expert (ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa), skor implementasi produk pada mahasiswa 91% pada uji one to one, 89% pada uji small group, dan 93% pada field trial, sehingga kualitas dan respon mahasiswa terhadap media berdasarkan penelitian yang dilaksanakan, dapat disimpulkan media pembelajaran komik digital materi non individual service dalam mata kuliah penataan dan pelayanan restoran sangat layak untuk digunakan.
Proses Transformasi Nilai Sosial Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran oleh Guru IPS di SMP Nela Ayu Wita Kisna; Junaidi Junaidi
Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Vol 3 No 4 (2022): Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembalajaran (June 2022)
Publisher : Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/sikola.v3i4.184

Abstract

Salah satu tujuan matapelajaran IPS adalah menanamkan nilai-nilai sosial dalam diri peserta didik, agar peserta didik yang dihasilkan menjadi warga negara yang demokratis dan baik (the public good citiziens), namun peserta didik masih banyak yang berperilaku tidak sesuai dengan tujuan mata pelajaran IPS. Berdasarkan masalah tujuan artikel ini adalah untuk menjelaskan proses transformasi nilai sosial peserta didik dalam proses pembelajaran oleh guru IPS di SMP N 19 Padang. Teori yang dipakai dalam penulisan ini adalah teori belajar sosial (social learning) yang dikemukakan oleh Albert Bandura. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus intrinsik. Informan dalam penelitian ini berjumlah 24 orang yang dipilih secara purposive sampling. Peneliti melakukan triangulasi sumber dan metode untuk menganalisis data melalui model interaktif Milles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses transformasi nilai sosial peserta didik oleh guru IPS mulai dari kegiatan pra pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan kegiatan purna pembelajaran dilakukan dengan cara melalui pengintegrasian dalam proses pembelajaran, proses modelling perilaku dari guru dan pembiasaan mematuhi komitmen yang telah disepakati. Namun proses transformasi nilai sosial ini belum berjalan secara optimal karena lingkungan (L), dan kejadian internal yang mempengaruhi persepsi dan tindakan (P) tidak berjalan secara bersamaan sehingga mempengaruhi tingkah laku (T) yang dihasilkan juga tidak akan sempurna.
Penggunaan Model Talking Stick Berbantuan Kamus Mini Sebagai Sumber Belajar Sosiologi Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Sekolah Menengah Atas Tania Candra; Ike Sylvia
Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Vol 3 No 4 (2022): Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembalajaran (June 2022)
Publisher : Labor Jurusan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Padang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24036/sikola.v3i4.186

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman konsep siswa di kelas X.1 SMAN 8 Padang. Sumber belajar yang inovatif perlu digunakan dalam proses pembelajaran agar pemahaman konsep siswa dapat meningkat, maka dalam penelitian ini dilakukan upaya peningkatan pemahaman konsep sosiologi siswa melalui model talking stick berbantuan sumber belajar kamus mini dan media scramble. Untuk mencapai tujuan tersebut melalui penelitian tindakan kelas yang terdiri dari langkah perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Selama dua siklus dan empat kali pertemuan pada materi pengendalian sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase observasi pemahaman konsep siswa pada siklus I rata-rata naik sebesar 21,5% dan pada siklus II sebesar 41,03%. Skor tes pemahaman konsep sosiologi siswa rata-rata pada siklus I sebesar 81,71% dan 100% pada siklus II. Hal ini menunjukkan bahwa indikator keberhasilan dalam penelitian ini telah tercapai yaitu mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II.

Page 1 of 1 | Total Record : 5